Kemah ala SMAN 10 Pentagon Kaur

Kegiatan  Outdoor bulan Februari 2018 ini sangat spesial dan seru karena dipadukan dengan acara Pramuka, yakni perkemahan.

Kali ini, rapat dewan guru dan panitia memilih Pantai Pengubaian untuk melaksanakan program tersebut. Lokasi ini dipilih karena jaraknya yang dekat dengan sekolah dan memiliki spot yang ai di bagus untuk melakukan pembelajaran di alam.

Tepat setelah Shalat Jumat, para siswa diberangkatkan dari sekolah sesuai tim yang telah ditentukan panitia. Sementara panitia telah menyiapkan tenda untuk masing-masing tim dengan tenda posko di lokasi kemah. Sehingga, ketika para siswa sampai di lokasi, mereka tinggal mengikuti acara dan menyelesaikan tantangan dari para guru dan panitia: memasak untuk makan malam dan pagi hari dengan tungku alami!

Siswa sedang memasak nasi di atas tungku

Bu Ewelda dan Pak Alian Suhendra, sebagai Pembina Pramuka, menginstruksikan untuk membuat tungku dari batu karang yang ditumpuk sedemikian rupa, dan kayu dari batang daun kelapa yang dibakar. Setelah api nyala, mereka harus menjaga api agar stabil dan tidak membuat makanan gosong atau gagal dimasak.

Kerjasama para siswa antar kelompok pun dinilai dari kekompakan serta rasa masakan yang mereka masak dalam ajang Lomba Masak Pentagon 2018.

Sarapan Bersana setelah Memasak

Dari kegiatan ini, diharapkan dapat memupuk rasa kemandirian dan ketangguhan siswa untuk mencapai cita-cita, mimpi, dan prestasi yang mereka inginkan. (ars)

print