Pembelajaran Demokrasi Melalui Pemilihan Ketua Dan Wakil Ketua Osis

Proses regenerasi OSIS (Organisasi Intra Sekolah) SMAN 10 Pentagon kembali dilaksanakan dengan melakukan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS 2016-2017. Sebelum pelaksanaan dilakukan telah dibentuk KPO (Komisi Pemilihan OSIS) dan PANWASLO (Panitia Pengawas Pemilo) yang masing-masing diketuai oleh Bastian Eldi dan Lucas Ferdinand Rajagukguk. Tahapan demi tahapan dilakukan dalam proses pemilihan wakil dan ketua OSIS, dimulai dengan pendaftaran bakal calon ketua dan wakil ketua OSIS pada tanggal 22-30 September 2016. Sampai akhir masa pendaftaran diperoleh 4 bakal calon ketua dan wakil ketua OSIS. Selanjutnya pada tanggal 15 Oktober 2016, keempat pasang bakal calon mengikuti fit and proper test yang dilakukan oleh Dewan Perwakilan Guru yaitu Welly Julita, M.TPd, M Badruzzaman, S.Thi, dan Okta Pratama, S.Pd. hasilnya menetapkan pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS atas nama

Artfin Papas Arga Pratama dan M. Haikal Dwinanda
Andre Rahman Hidayatullah dan Ati Dhea Putri
Imanuel Oktavianus dan Garda Yodi
Dimas Aji Pamungkas dan M. Alfahmi Irfan
Setelah penetapan 4 calon ketua dan wakil ketua OSIS serta penentuan nomor urut pasangan. Masing-masing calon melakukan kampanye. Pada tanggal 17 Oktober dilaksanakan Debat Terbuka yang dihadiri oleh seluruh peserta didik dan PTK SMAN 10 Pentagon. Bastian Eldi selaku ketua KPO menyampaikan, “debat terbuka bertujuan untuk mengetahui visi dan misi serta mengenal lebih jauh karakter masing-masing calon” ujarnya. Debat berlangsung sangat menarik karena masing-masing calon memiliki visi dan misi yang baik dan semuanya dihahas detail disetiap sesinya. Debat dipandu oleh Alian Suhendra, M.Pd sedangkan panelis debat yaitu Welly Julita, M.TPd, Surahman, S.Pd, dan Jumiran, S.Pd. Acara diakhiri dengan pembagian kartu pemilih dan undangan pemilihan kepada semua peserta didik dan PTK yang telah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap.

Tepat pada tanggal 18 Oktober 2016 puncak acara pemilihan dilaksanakan. Dimulai dengan seremonial pembukan yang disampaikan oleh Bastian Eldi selaku ketua KPO memberikan laporannya terkait proses pemilihan dari awal hingga akhir. Susidwati, M.TPd sebagai wakil bidang kesiswaan, dan Kepala SMAN 10 Pentagon Yeye Hendri, M.Pd memberikan sambutan sekaligus membuka acara. “Pemilihan ketua dan wakil OSIS bukan hanya proses mencari pengganti jajaran OSIS yang lama, akan tetapi proses ini memberikan pembelajaran demokrasi yang sesungguhnya. Seluruh proses pemilihan memang sengaja didesain sebagaimana layaknya Pemilu mulai dari proses pendaftaran, fit and proper test, kampanye, sampai detail perangkat pemilihan agar seluruh siswa belajar bagaimana setiap tahapan pemilihan dilaksanakan” ujar Yeye Hendri, M.Pd.

Proses pemilihan berlangsung dengan lancar dan tertib. Seluruh pemilih memberikan hak suaranya dengan mencoblos foto calon pasangan yang dipilih, kemudian memasukkan surat suara kedalam kotak, dan diakhiri dengan pencelupan jari kedalam tinta sebagai tanda pemilih sudah memberikan hak pilihnya. Proses penghitungan dilakukan setelah semua pemilih memberikan hak pilihnya. Penghitungan dilakukan dihadapan seluruh pemilih dan dipantau oleh masing-masing saksi. Suasana sangat ramai namun tetap disiplin. Suara teriakan pendukung setiap calon terdengar tatkala nomor urut calon disebutkan. Hasilnya calon nomor urut 3 atas nama Imanuel Oktavianus dan Garda Yodi memperoleh suara sebanyak yaitu 71 suara. Dengan terpilihnya pasangan tersebut diharapkan dapat mewujudkan visi misi yang telah mereka siapkan serta membawa nama SMAN 10 Pentagon menjadi lebih baik lagi. (*srh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *