Pentagon Expo 4: Let’s Be Wonderful Together

print
Ada satu ciri khusus yang dilakukan warga SMA Negeri 10 Pentagon Kaur dalam mensyukuri hari ulang tahun sekolah setiap tanggal 11 Desember. Untuk menyambut hari bahagia tersebut, dari kepala sekolah hingga sekuriti telah bersiap jauh-jauh hari, layaknya menyambut Lebaran ketiga. Ruang-ruang sekolah dibersihkan, dihias, dan dicat; para guru sesegera mungkin menyelesaikan ujian akhir; konsep acara dibuat; banyak tarian kreasi baru yang tercipta; berbagai bahan makanan tradisional Kaur didatangkan dari sumbernya; tak lupa juga berbagai genre musik bergema di mana orang bekerja. Saat hari-hari itu terjadi, tandanya gong Pentagon Expo telah dibunyikan.

Pentagon Expo 4 adalah perwujudan rasa syukur dari masyarakat SMAN 10 Pentagon Kaur atas pertambahan usianya dan perjalanan panjang di tahun-tahun ke depan. Selain itu, tujuan Pentagon Expo adalah untuk mengapresiasi dan mempublikasikan kreativitas, inovasi, semangat berprestasi, serta capaian seluruh peserta didik SMAN 10 Pentagon. Tahun ini, SMAN 10 Pentagon juga kedatangan berbagai tamu penting; yakni Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, M. Daud Abdullah, S.Pd., salah satu founding fathers sekolah, Hermen Malik, Ph.D., Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kaur, Three Marnope, S.Pd., perwakilan DPRD Kabupaten Kaur, dan para kepala SMP serta SMA se-Sumatera Bagian Selatan.

Berbagai capaian para warga Pentagon diharapkan dapat memperkaya inovasi dan teknologi dalam bidang pendidikan Indonesia, khususnya di Kabupaten Kaur. Secara umum, Pentagon Expo selalu diwarnai oleh Open Laboratorium empat ekstrakurikuler di SMAN 10 Pentagon, lomba-lomba, stan entrepreneur sekolah, serta penampilan kreativitas para siswa dan tenaga kependidikan. Laboratorium nanoteknologi menyajikan berbagai percobaan ajaib, misalnya pasir hidrofobik yang telah dilapisi silika sehingga tidak dapat ditembus air, pembuatan sabun dari minyak kelapa sawit, dan larutan pelangi yang dapat dibuat dari pemisahan air berwarna dengan perbedaan konsentrasi gula. Laboratorium bioteknologi memamerkan produksi jamur tiram dari sekam, jeruk kalamansi, nata de coco, dan awetan hewan serta tumbuhan. Laboratorium energi terbarukan menampilkan kompor biogas serta listrik dari panel surya dan kincir angin. Terakhir, laboratorium robotika memamerkan drone serta robot pengangkat barang dari stik es krim.

Sementara stan lomba diramaikan oleh para peserta didik SMP se-Sumatera Bagian Selatan di seluruh cabang: futsal, voli putra dan putri, English Fun Games, kaligrafi, olimpiade sains, tari kreasi nusantara, Quipper competition, ceramah, dan tahfidz Quran. Dengan jumlah total peserta 170 siswa, mereka berkompetisi untuk mendapatkan juara umum dengan piala bergilir. Pada akhirnya, gelar juara umum tersebut diraih oleh SMP Negeri 8 Kaur. Dengan mengusung tema Let’s Be Wonderful Together, kegiatan Pentagon Expo 4 diharapkan mampu menjadi wadah kolaborasi dari berbagai unsur; baik dari peserta didik, guru, masyarakat, dan pemerintah. (ars)