Pelepasan Peserta Didik (PD) kelas XII SMAN 10 Kaur (Pentagon) dilaksanakan di lingkungan sekolah pada Sabtu 10 April 2021. Kegiatan ini dikemas dalam acara The 5th Generation Graduation dengan tema “Take One Step Back, To The Cue of Going Further”. Patuh menerapkan protokol kesehatan yang terstandar, perhelatan ini sukses digelar dengan diawali pemutaran video motivasi dan pesan dari founding father sekolah yang berfokus pada 5 pilar yakni IPTEK, Imtaq, Etika, Estetika dan Harmoni ini yakni Bapak. Dr. Ir. Hermen Malik, M.Sc. yang juga Bupati Kaur Periode 2010-2015. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa “tantangan bagi generasi saat ini ke depan adalah cukup berat, oleh karena itu kita semua perlu menyadari pentingnya memahami dasar-dasar keberhasilan tiga kecerdasan utama”. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa kecerdasan yang dimaksud adalah adalah kecerdasan sosial, kecerdasan emosianal dan kecerdasan rasional. Pentingnya kecerdasan sosial dikarenakan bahwa tidak ada pekerjaan di masa depan adalah pekerjaan individual. Dalam hal pentingnya pengendalian rasa agar terhindar dari keinginan tidak baik, maka diperlukannya kecerdasan emosional, sementara kecerdasan rasional yaitu tolak ukur atas pemahaman struktur dasar keilmuan, bukan hanya tentang implementasi. Pekerjaan di masa yang akan datang adalah belum dketahui saat ini, maka pentingnya mengerti struktur dasar keilmuan agar dapat berhasil mengimplementasikan. Beliau mengucapkan selamat kepada generasi ke-5 SMAN 10 Kaur (Pentagon) atas Graduation yang diikuti. “Teruslah komitmen terhadap Pendidikan, bangsa dan Agama” tutupnya.

Kepala SMAN 10 Kaur (Pentagon) Bapak Yeye Hendri, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan selamat atas capaian anak-anak Peserta Didik Kelas XII yang sudah ditempuh dengan sangat baik, “teruslah mengukir prestasi dalam mewujudkan cita-cita yang diimpikan melalui jenjang Pendidikan Tinggi lebih lanjut, tetap menjaga nama baik almamater sekolah” ujarnya. Bapak Kepala Sekolah dalam sambutannya menjelaskan “Ada kekhawatiran bagi kami penyelenggara pendidikan tentang tidak tercapainya standardisasi taraf serap kurikulum dan pilar-pilar pendidikan bagi SMAN 10 Pentagon yang disebabkan oleh Pandemi Covid-19 yang mengharuskan peserta didik lebih dari separuh waktu pada Tahun Pelajaran (TP) berjalan adalah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dari rumah, atas kemunduran langkah terkait hal tersebut adalah melatarbelakangi kegiatan ini mengusung semangat dengan tema Take One Step Back, To The Cue of Going Further. Kegiatan yang secara resmi dibuka langsung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu yang diwakili oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Bintuhan, Bapak Jayadi Ruslan, SS.,M.TPd. Dalam sambutannya, Disdikbud Provinsi Bengkulu mengucapkan terima kasih kepada Penyelenggara Penddikan yang berdedikasi atas capaian terbaiknya, teruslah berinovasi membangun pendidikan yang lebih baik lagi. Senada dengan apa yang disampaikan oleh Kepala SMAN 10 Kaur (Pentagon), beliau mengajak seluruh elemen masyarakat dan warga sekolah untuk mendukung impian-impian Peserta Didik (PD) dalam bersaing di kehidupan sosial yang akan datang.

Generasi Ke-5 angkatan tahun 2018, 40 pelajar terdiri dari 11 putra dan 29 putri yang berasal dari berbagai daerah kabupaten/kota, telah menjalani kehidupan asrama dan sekolah dengan semangat juang tanpa batas dan optimisme yang tinggi serta suka-duka yang dilalui dalam gedung 5 pilar SMAN 10 Kaur (Pentagon). Tiga tahun mengasah Iptek, menempa Imtaq, membina Etika, dan  tiga tahun berkreasi dalam balutan Estetika dan dalam bingkai Harmoni. The 5th Generation Graduation adalah prosesi pelepasan Peserta Didik Kelas XII secara resmi dikembalikan ke orang tua yang bersangkutan. Apresiasi lima pilar pendidikan juga ikut terkemas dalam perhelatan The 5th Genertaion Graduation tahun ini. Turut melengkapi juga acara tentang apresiasi terhadap Bintang Mata Pelajaran yang terdiri dari 16 lingkup mata pelajaran. Selanjutnya apresiasi terhadap Bintang 5 Pilar yaitu Bintang Pilar Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), Bintang Iman dan Taqwa (Imtaq), Bintang Etika, Estetika dan Harmoni. Sebagai Penyelenggara Pendidikan Berasrama yang salah satunya berfokus pada Pembangunan Karakter, pihak sekolah juga memberikan apresiasi terkait hal tersebut yang dikemas dalam kategori The Best Character bagi 40 Peserta Didik Kelas XII yang dilepas pada acara  The 5th Genertaion Graduation ini.

Dengan diiringi penampilan apresiasi estetika karya seni dalam bentuk penampilan Tari Sambut dan Tari Kreasi, turut ditampilkan pula seni bela diri sebagai representasi kearifan lokal dan warisan budaya daerah yang senada dengan visi sekolah Berkualitas, Berperadaban, Berkearifan Lokal, Berwawasan Nasional dan Global. Rangkaian kegiatan ditutup dengan Launching Buku Antologi karya Peserta Didik Kelas XII angkatan Ke-V dengan Judul “Kita dalam Kata” dibawah bimbingan Guru Bahasa Indonesia bapak Yubianto, M.Pd. Dalam serah terima sebagai bentuk kenang-kenangan secara simbolis oleh Pembimbing Penuliasan Buku dengan Pihak Sekolah, dijelaskan bapak Yubianto bahwa Buku Karya Generasi ke-5 ini menceritakan kehidupan anak-anak di asrama, cerpen, puisi dan sastra daerah. Dalam kesempatan tersebut, Kepala SMAN 10 Kaur (Pentagon) memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas terbitnya Buku Antologi yang ber-ISBN tersebut . (Produksi Humas-Pentagon)

print