The Visit of Susan, a Traveler from Germany

Pada suatu Jumat siang, SMAN 10 Kaur (Pentagon) mendapatkan tamu spesial dari Divisi Media Biro Pemerintahan Provinsi Bengkulu.

Satu tim yang terdiri atas 5 orang Indonesia dan 1 traveler asing tersebut bercerita bahwa mereka akan mendokumentasikan profil Kabupaten Kaur. Hal ini karena Kabupaten Kaur memenangkan suatu kompetisi Biro Pemerintahan di tingkat provinsi. Tim yang didampingi dua orang perwakilan Pemkab Kaur tersebut sudah keliling ke banyak wilayah sebelum meliput Pentagon. Mereka disambut oleh Pak Yeye Hendri selaku Kepala Sekolah dan segenap PTK di ruang Tata Usaha.

Lantas percakapan singkat itu terpotong waktu Jumatan. Sementara para pria melaksanakan Shalat Jumat di masjid Boarding (SMPN 35 Berasrama), Susan dan Ibu Amelia mengunjungi kelas Kimia Ibu Welly yang baru saja selesai.

Susan pun memperkenalkan dirinya kepada siswa kelas X Alpha. Mereka sangat antusias mendengarkan cerita Susan. Susan ternyata adalah seorang pejalan (traveler) dari Jerman yang kebetulan ikut koleganya berkeliling Kaur untuk liputan kantor. Mereka sangat antusias mendengarkan cerita Susan. Apalagi, siswa SMAN 10 Kaur merasa sangat familiar dengan  “Jerman” karena dua alumni Pentagon mendapatkan beasiswa ke Jerman.

Pun, Susan semangat bercerita tentang negerinya, budaya masyarakat Jerman, juga keinginannya untuk menebarkan perdamaian dengan saling mengenal dan menemui orang-orang baru. Selain di SMAN 10 Kaur (Pentagon), Susan pernah menyambangi beberapa sekolah di sudut Provinsi Bengkulu lainnya; yakni di Argamakmur dan Lebong. Dalam setiap kunjungan, Susan tak lupa berbagi motivasi dan semangat untuk berjuang, berkembang, dan berkolaborasi. Karena dengan begitulah, sebuah bangsa bisa maju dan sejahtera.

Setelah shalat Jumat selesai, Susan dan rombongannya diajak makan siang di dapur. Mak dapur sudah menyiapkan hidangan lezat siang itu: gulai ikan, lalapan, dan sambal. Mereka tampak sangat menikmati jamuan makan siang tersebut.

Well, see you at the other side of the world, Susan. We were happy to meet you!

print