SMAN 10 PENTAGON Kaur Rebut Piala Bergilir PIK dari SMAN 5 Bengkulu

print

Siswa SMAN 10 Pentagon Kaur kembali menorehkan prestasi di ajang Pekan Ilmiah Kimia (PIK) XVIII se-Sumatera pada 14 Februari 2018. Lomba yang diadakan oleh HIMA Departemen Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Bengkulu tersebut menguji penguasaan mata pelajaran Kimia dalam berbagai cabang lomba. SMAN 10 Pentagon Kaur diwakili oleh dua tim dalam kompetisi LCTK (Lomba Cepat Tepat Kimia), satu peserta dalam Olimpiade Kimia, dan dua desain poster Kimia.

Tim A yang diwakili oleh Garda Yodi, Sendika Harrista, dan Mira Nur Ustati dari kelas XI dan Tim B yang diwakili oleh Pratiwi Kiki, Nurul Afifah, dan Sunarsih dari kelas XII itu sukses memborong gelar juara 1 dan 2. Mereka mengungguli kedua tim dari SMAN 5 Bengkulu dan 17 tim lain di babak final. Sementara perwakilan Olimpiade Kimia, yakni Fathiar Rizki Andiga dari kelas X Beta, masuk ke dalam peringkat 15 besar dari 92 peserta. Atas kemenangan tersebut, SMAN 10 Pentagon pun membawa pulang Piala Bergilir Pekan Ilmiah Kimia se-Sumatera yang sudah 2 tahun disimpan di SMAN 5 Bengkulu. Welly Julita, M.TPd. selaku guru Kimia yang sekaligus menjadi guru pembimbing tim SMAN 10 Pentagon mengaku bangga dan bersyukur dengan prestasi yang mengharumkan.

Kemenangan ini menambah daftar panjang prestasi SMAN 10 Pentagon Kaur yang sebelumnya mendapatkan Juara 2 di LCTB (Lomba Cepat Tepat Biologi) Biofair yang diadakan oleh Departemen Pendidikan Biologi, Universitas Bengkulu. Siswa kelas XI, M. Alfahmi Irfan, Pratiwi Sulistyaningdiah, dan Ati Dhea Putri, yang menjadi perwakilan SMAN 10 Pentagon Kaur saat itu juga bertanding melawan tim SMAN 5 Bengkulu.

Yeye Hendri, M.Pd., Kepala SMAN 10 Pentagon Kaur, menambahkan “Sebenarnya, mereka (siswa) tidak ada persiapan khusus. Tetapi kemenangan ini adalah efek dari tingginya frekuensi belajar siswa dan kesungguhan guru Kimia dalam membimbing mereka,” pungkasnya. Sekali lagi, selamat untuk para juara! (ars)

 

*Berita ini telah dimuat di Radar Kaur, 17 Februari 2018